PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN
SISWA KELAS .......... SDN ................
TAHUN PELAJARAN ............
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Sebagian besar diantara kita tidak menyadari bahwa
kegiatan belajar kita semakin mengalami kemunduran. Belajar semakin hari
semakin menjadi kegiatan yang membosankan, statis dan stressful. Di sekolah
situasinya juga tidak jauh berbeda, anak-anak kuyu, mengantuk, bosan, malas dan
tidak termotivasi sementara guru tak jarang pula mengabaikan dirinya sendiri.
Di sisi lain guru mengajar dengan materi yang sama dari tahun ke tahun, ataupun
catatan yang sama, banyak materi hafalan, gaya mengajar tidak berubah,
standard, formal dan kaku. Indonesiapun sekarang kalah dengan Malaysia padahal
mereka dahulu justru belajar ke negeri ini bahkan Indonesia menjadi negara
paling korup di Asia.
Kurikulum 2004 mengemukakan bahwa kegiatan
pembelajaran PKn lebih diarahkan kepada kegiatan-kegiatan yang mendorong siswa
belajar aktif dan secara fisik, sosial maupun psikis dalam memahami konsep.
Oleh karena itu dalam proses pembelajaran PKn hendaknya guru menggunakan model
yang membuat siswa banyak beraktifitas. Dengan banyaknya aktifitas yang
dilakukan, diharapkan dapat menimbulkan rasa senang dan antusias siswa dalam
belajar. Dengan demikian, pemahaman konsep PKn semakin lebih bauk dan hasil
belajarnya pun makin meningkat.
B.
Rumusan Masalah
Atas dasar paparan di atas, maka dapat dirumuskan
masalah sebagai berikut: Apakah dengan menggunakan model pembelajaran
kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas ........ SDN .................................................................
Tahun Pelajaran .............
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang ada, penulisan ini
bertujuan untuk:
1.
Mengetahui seberapa jauh
peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran
kontekstual dalam mata pelajaran PKn di kelas ........ SDN .................................................................
Tahun Pelajaran .............
2.
Mengetahui pengaruh model
pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran PKn di kelas ........ SDN .................................................................
Tahun Pelajaran .............
Penelitian tindakan kelas ini memberi manfaat bagi
sekolah, guru, dan murid yang menjadi obyek penelitian khsusunya dan bagi calon
siswa kelas ........ umumnya.
1.
Bagi sekolah, sebagai penentu
kebijakan dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran
PKn.
2.
Bagi guru, sebagai bahan
pertimbangan dalam menentukan model pembelajaran yang ada menfaatnya bagi
siswa.
3.
Bagi siswa, dapat meningkatkan
motivasi belajar agar siswa senang terhadap mata pelajaran PKn dan meningkatkan
prestasi belajar siswa.
E.
Ruang Lingkup dan
Pembatasan
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,
sangat dipandang perlu adanya ruang lingkup dan pembatasan penelitian.
Adapun ruang lingkup dan pembatasan masalah yang
dimaksud adalah :
1.
Penelitian ini hanya dilaksanakan
pada kelas ........ SDN .................................................................
Tahun Pelajaran .............
2.
Penelitian ini penulis laksanakan
pada bulan ……….. semester genap tahun pelajaran .............
3.
Materi pelajaran yang penulis
adakan penelitian adalah PKn, pokok bahasan ......................
SELENGKAPNYA, SILAHKAN UNDUH DI SINI